BERITA SEPUTAR SMK N 3 SUKOHARJO
Beranda / Berita / INDAHNYA KEBERAGAMAN DI SEKOLAHKU
INDAHNYA KEBERAGAMAN DI SEKOLAHKU

SUASANA HARI JUMAT

Menurut Wakasek kurikulum SMKN 3 Sukoharjo yaitu bapak Suroto, untuk suasana hari Jumat di SMKN 3 Sukoharjo ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Jumat bersih,senam sehat,olahraga,bersih-bersih masjid,mentoring, tadarus, jalan sehat,dan Jumat berkah. Semua siswa wajib mengikuti kegiatan tersebut tidak ada siswa yang tidak ikut.Dalam kegiatan di hari jumat ini para guru SMKN 3 Sukoharjo juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. Bagi siswa muslim yang jumlahnya 1.318 siswa ada kegiatan khusus yaitu sholat Jumat yang diwajibkan untuk laki-laki,untuk kegiatan sholat jumat sebenarnya di sekolah tetapi terkadang ada beberapa siswa yang shalat jumat di luar sekolah.Selain itu ada juga kegiatan tadarus dan mentoring setelah shalat jumat yang diikuti siswa laki-laki ,tetapi kegiatan ini tidak wajib  (yang mau ikut diperbolehkan,dan yang tidak ikut juga tidak apa-apa),selain itu ada kegiatan infaq jumat yang kegiatannya biasanya dilakukan oleh organisasi rohis.

Sedangkan siswa yang beragam non muslim yaitu beragama Kristen yang jumlahnya 22 siswa dan beragama Katolik yang jumlahnya  3 siswa, ada  kegiatan pembelajaran di ruangan dan dipandu oleh guru. Untuk kegiatan senam sehat dimulai sebelum pukul 07.00 tempatnya di lapangan sekolah dan untuk jalan sehat yaitu jalan memutari lingkungan sekolah. Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yaitu agar sehat, siswa menjadi fokus dalam belajar, untuk refreshing supaya tidak jenuh.Harapan untuk seluruh warga SMKN 3 Sukoharjo di hari Jumat menurut bapak Suroto yaitu meningkatkan amal dan ibadah, meningkatkan syariat Islam bagi siswa yang beragama Islam dan menjalankan semua kegiatan di hari Jumat itu dengan baik.

Selain Wakasek kurikulum bapak Suroto, untuk kegiatan hari Jumat di SMKN 3 Sukoharjo menurut ketua rohis yaitu Iqbal Ma'ruf Hidayatullah berkaitan dengan kegiatan hari Jumat di sekolah Iqbal mengungkapkan ada beberapa kegiatan yang meliputi bersih-bersih lingkungan sekolah dan senam bersama per jurusan.untuk kegiatan lain bagi seluruh masyarakat sekolah yang beragam muslim biasanya satu bulan sekali diadakan pengajian Akbar,tidak hanya kegiatan itu saja tapi di hari Jumat itu ada organisasi rohis yang yang ditugaskan untuk menariki infaq Jumat seikhlasnya sebelum sholat Jumat, kemudian membersihkan lantai dan menyiapkan tikar untuk sholat Jumat, setelah shalat Jumat selesai diadakan mentoring di masjid yang diisi oleh guru dan sebelum mentoring dimulai akan membaca Al Quran terlebih dahulu.Untuk infaq jumat ,uang yang ada akan digunakan untuk keperluan masjid ,seperti: membeli mukena,alqur'an,alat bersih masjid,dan lain-lain.Untuk mukena yang ada di masjid sekitar 30 mukena ,untuk sarung sekitar 10 sarung ,dan untuk sajadah sekitar 15 sajadah. Harapan untuk kegiatan hari Jumat untuk kedepannya menurut ketua rohis SMKN 3 Sukoharjo yaitu lebih tepat waktu dalam pelaksanaannya dan guru-guru juga ikut serta dalam pemantauan kegiatan.

Menurut ketua osis,yaitu Arda Abdul Aziz sebenarnya kegiatan untuk hari Jumat itu sudah dicover oleh organisasi rohis, tetapi dari osis juga ikut membantu setiap kegiatan di hari Jumat, seperti jika ada hari-hari besar atau hari keagamaan di hari Jumat biasanya osis akan membuat kegiatan juga  seperti pengajian Akbar, itu di handel organisasi osis. Di organisasi osis itu ada namanya seksibidang 1 yaitu seksibidang keagamaan dan budi pekerti yang tugasnya membantu menaiki infaq dan membantu saat ada acara hari-hari besar di hari Jumat. Harapan untuk kegiatan hari Jumat menurut ketua osis di SMKN 3 Sukoharjo yaitu semoga kegiatan di hari Jumat lebih berkembang tidak hanya infaq Jumat saja. Dalam semua kegiatan tersebut tetap dalam pengawasan osis,dan untuk siswa non muslim jika ada kegiatan,osis juga komunikasi dahulu pada organisasi rohkris dan ikut membantu mencarikan tempat untuk kegiatannya dan mencarikan peralatan yang dibutuhkan. Tujuan dari mengadakan kegiatan tersebut yaitu menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah, membuat tubuh menjadi sehat, untuk sholat Jumat yang hukumnya wajib bagi laki-laki dapat menambahkan keimanan masing-masing siswa, membantu siswa yang ingin bersedekah,dan membuat hari Jumat menjadi istimewa dengan adanya kegiatan tersebut.

TETAP SAMA MESKI BERBEDA

Untuk kegiatan khusus di hari Jumat bagi siswa non muslim di SMKN 3 Sukoharjo yaitu ada pelajaran biasa yang dipandu oleh guru yang beragam non muslim dari luar sekolah, kadang juga dipandu guru dari sekolah,hal tersebut disampaikan oleh ketua rohkris yaitu Festusius Clement Indrastata.

Kegiatan tersebut diikuti oleh semua siswa yang beragam Kristen dan Katolik dari kelas 10-12 yang setiap pertemuan jumlahnya tidak menentu paling sedikit mungkin 5 orang tapi biasanya diatas 10 siswa.Di ruang multimedia kegiatan tersebut dilaksanakan dan dimulai sekitar pukul 11.00 dengan durasi kurang lebih satu jam. Dalam pembelajaran siswa kadang aktif, karena ada guru yang memberikan pertanyaan kadang juga siswa diam. Tujuan kegiatan pembelajaran tersebut yaitu untuk menambah wawasan beragam bagi siswa Kristen dan Katolik di SMKN 3 Sukoharjo.

 

KARYA JURNALISTIK SISWA SMKN 3 SUKOHARJO

Anggota:

1.Umi Zaroh Barokah

2.Diaz Angraini

3.Melati Puspita Sari

 

Narasumber:

1.Wakasek.bidang kurikulum,bapak Suroto

2.Ketua Osis, Arda Abdul Aziz

3.Ketua rohis,Iqbal Ma'ruf Hidayatullah

4.Ketua rohkris, Festusius Clement Indrastata

JURUSAN UNGGULAN KAMI
JARINGAN KERJA KAMI